Maria Lumowa Buronan 17 Tahun, Dijadwalkan Tiba di Tanah Air Pagi Ini

BT News – Pemerintah Indonesia berhasil mengekstradisi buron kasus pembobolan Bank BNI senilai Rp1,7 triliun Maria Pauline Lumowa dari Serbia.

Maria sendiri dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Kamis 09 Juli 2020 pagi.

“Dengan gembira saya sampaikan bahwa kami telah resmi menyelesaikan proses penyerahan buronan atas nama Maria Pauline dari pemerintah Serbia”

Kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Menkumham ) Yasonna Laoly dalam keterangan pers kepada wartawan Rabu 08 Juli 2020

Yasonna menyebut, keberhasilan menuntas proses ekstradisi ini tak lepas dari diplomasi hukum dan hubungan baik kedua negara. Selain itu, ia melanjutkan proses ekstradisi ini menjadi buah manis komitmen pemerintah dalam upaya penegakan hukum yang berjalan panjang.

“Indonesia dan Serbia memang belum saling terikat perjanjian ekstradisi. Namun, lewat pendekatan tingkat tinggi dengan para petinggi Pemerintah Serbia dan mengingat hubungan sangat baik antara kedua negara, Pemerintah ekstradisi Maria Pauline Lomowa dikabulkan”Ujarnya

Yasonna mengatakan, sempat ada upaya hukum dari Maria Lomowa untuk melepaskan diri dari proses ekstradisi.” Juga ada upaya dari salah satu negara Eropa untuk mencegah ekstradisi terwujut”

Sebagai catatan, Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru.

Pada Periode Oktober 2002 hingga Juli 2003 bank BNI mengucurkan Pinjaman senilai 136 Juta Dollar AS dan 56 Juta Euro atau sama dengan Rp 1,7 Trilium dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Pada Juni 2003, Pihak BNI yang curiga dengan transaksi keuangan PT Gramarindo Group mulai melakukan penyelidikan.

Perusahaan tersebut tak pernah melakukan ekspor. Dugaan L/C fiktif ini kemudian dilaporkan ke Mabes Polri.

Namun Maria Pauline Lumowa sudah lebih dulu terbang ke singapura pada September 2003 alias sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Maber Polri.

Upaya penegakan hukum memasuki babak baru saat Tersangka di tangkap oleh NCB Interpol Serbia diBendara Internasional Nikola Serbia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed