Jaga Jarak Bisa Turunkan Risiko Penularan Covid-19 hingga 85%

BT News – untuk memutus mata rantai penularan virus corona adalah dengan pelaksanaan 3M.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyatakan untuk memutus rantai penularan Virus Corona dengan pelaksanaan 3M.

Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Namun, hal ini akan lebih efektif jika dilakukan secara kolektif.

“Jadi tidak bisa sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan kerja sama dari seluruh masyarakat dengan saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (1/10/2020).

hasil penelitian beberapa jurnal internasional bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebanyak 35%.

memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebanyak 45%.

“Jadi ini adalah angka yang cukup besar untuk menurunkan angka penularan. Sedangkan memakai masker bedah, dapat menurunkan risiko penularan sebanyak 70%. Yang paling utama menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan risiko penularan sampai dengan 85%,” ucapnya.

Jaga Jarak Disebut Turunkan Risiko Penularan Virus Corona 85%, Berapa Jarak  yang Dianggap Aman? - Semua Halaman - Grid Health

Wiku menekankan pentingnya konsistensi untuk melawan penularan Covid-19. Dia mengatakan, jika dilakukan secara konsisten maka akan membuahkan hasil.

Asalkan kita betul-betul konsisten dan secara kolektif melakukan perubahan perilaku, menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan seluruhnya dilakukan dengan sungguh-sungguh,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may have missed